Ini Alasan Kenapa Intermitten Fasting atau Diet Puasa Cocok Untuk Kamu!

Ini Alasan Kenapa Intermitten Fasting atau Diet Puasa Cocok Untuk Kamu!wellnessmadeeasy.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Intermitten Fasting atau yang dikenal sebagai diet puasa merupakan salah satu jenis atau metode diet yang jadi salah satu tren kebugaran dan kesehatan yang populer dan digemari oleh masyarakat.

Hal itu karena biasanya waktu turunkan berat badan seseorang membutuhkan komitmen dan motivasi yang tinggi, tidak hanya itu terdapat banyak pantangan makanan yang sanggup sebabkan diet jadi gagal. Tetapi lewat metode diet ini kamu bisa memakan semua makanan yang kamu inginkan tanpa adanya larangan.

Kamu hanya harus mempengaruhi pola makan kamu dengan mengatur saat makan. Tidak hanya itu, tidak hanya bisa turunkan berat badan, metode ini juga mampu memberi tambahan fungsi banyak bagi tubuh.

Intermitten fasting adalah jenis diet yang dilakukan dengan metode yang mengatur dan menetapkan pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu, tapi diantara saat itu kamu tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi cairan atau minuman tanpa kalori.

Metode ini tidak mengatur makanan apa yang perlu dikonsumsi atau dikurangi, dengan tidak adanya anjuran atau pantangan konsumsi berbagai jenis makanan, maka metode ini tekankan waktu yang tepat untuk makan dan minum. Metode ini mengatur kapan anda bisa makan dan kapan harus berhenti makan atau berpuasa yang mampu disebut sebagai restriksi jam makan.

Kelebihan dari intermitten fasting dibandingkan dengan diet lainnya adalah jika metode diet lainnya dilakukan dengan mengurangi dan membatasi mengkonsumsi makanan tapi intermitten fasting ini lebih kepada pengaturan saat dan pola makan seseorang.

Manfaat intermiten fasting

Kamu tetap dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang kamu inginkan namun harus dalam jendela waktu yang ditentukan. Metode ini efektif untuk menurunkan berat badan dan lemak tubuh serta memiliki manfaat-manfaat lain. Manfaat tersebut antara lain:

  • Menguatkan metabolisme tubuh
  • Menurunkan risiko penyakit jantung dengan membantu mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan detak jantung
  • Mengurangi risiko penyakit diabetes
  • Memperlambat proses penuaan
  • Meningkatkan fungsi otak dan memori
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi peradangan atau infeksi
See also  Kenali 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Metode atau pola diet ini sangat populer di semua kalangan terhitung kalangan artis Indonesia karena dikenal sebagai metode yang efektif untuk turunkan berat badan dan aman bagi kesehatan.

Artis Indonesia yang diketahui berhasil menjalankan intermitten fasting adalah Melaney Ricardo, ia berhasil turunkan berat badannya sebanyak 15 kg menggunakan metode ini. Tidak hanya intermitten fasting, Melaney Ricardo juga rutin berolahraga dan makan sehat. Tidak hanya Melaney Ricardo, Nagita Slavina juga merupakan salah satu artis Indonesia yang diketahui sukses melakukan intermitten fasting.

Pada dasarnya berpuasa itu sendiri berperan baik dalam kesehatan tubuh, terlebih lagi, berpuasa merupakan salah satu cara yang sudah dikenal lama untuk bertahan hidup. Karena disibukan dengan berbagai aktivitas atau pekerjaan, kemungkinan pola makan kamu sehari-hari jadi tidak beraturan kareba telat makan atau makan diluar waktu makan.

Dengan menerapkan atau meniti metode intermittent fasting, maka kamu bisa lebih mengatur dan memperbaiki pola makan sehingga jadi lebih sehat dan mendapatkan efek baik bagi tubuh kamu.

Cara intermiten fasting

Adapun cara yang aman dan efektif untuk melakukan diet dengan metode ini, antara lain:

1. Puasa 16 jam sehari

Cara pertama yang efektif dan aman untuk melakukan intermitten fasting yaitu dengan menentukan ventilasi makan perharinya dengan cara berpuasa selama 16 jam sehari dan menentukan waktu makan selama 8 jam sehari atau yang biasa juga disebut sebagai metode 16:8.

2. Puasa 14 jam sehari

Cara akhirnya untuk melakukan intermitten fasting adalah dengan berpuasa sebanyak 14 jam sehari. Cara ini biasanya merupakan cara efektif bagi pemula yang melakukan intermitten fasting karena diakui lebih mudah, jika dikerjakan secara teratur maka mampu membantu penurunan berat badan secara efektif.

See also  Apa Itu Staycation dan Apa Saja Tipsnya Sehingga Aman?

3. Puasa dua hari dalam seminggu

Cara selanjutannya adalah metode puasa dua hari di dalam seminggu atau diet 5:2, metode ini dilakukan dengan cara menyediakan lima hari dalam seminggu untuk makan normal seperti biasa dan dua hari sisanya anda harus berpuasa, metode ini dilakukan dalam seminggu tapi tidak berurutan. Tidak hanya itu,  jumlah kalori yang dikonsumsi juga dibatasi sampai 25P% dari jumlah kalori normal atau lebih kurang  500-600 kalori perhari.

4. Eat stop eat

Eat stop eat merupakan metode intermitten fasting yang dilakukan dengan berpuasa selama 24 jam dalam beberapa hari per minggu, misalnya kamu makan pada pukul sembilan pagi maka kamu diperbolehkan makan lagi pada keesokan harinya pukul sembilan pagi. Meski begitu, kamu masih diperbolehkan mengkonsumsi cairan tanpa kalori misalnya teh atau air untuk kurangi rasa lapar. Untuk kamuyang ingin memulai diet dengan memakai metode ini kamu bisa memulainya secara bertahap.

Nah, itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan intermitten fasting, manfaat dan juga kelebihan dari intermitten fasting. Semoga bermanfaat, ya!

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

wellnessmadeeasy.id - Mempertahankan kesehatan mental adalah hal yang signifikan dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Mengapa demikian? Faktanya, sinar matahari adalah salah satu metode pengobatan yang banyak dijalankan untuk menanggulangi lebih dari satu persoalan kesehatan, baik fisik maupun mental. Namun perlu diperhatikan, jumlah paparan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.