Delapan Cara Meningkatkan Imunitas Tanpa Mengkonsumsi Multivitamin

Delapan Cara Meningkatkan Imunitas Tanpa Mengkonsumsi Multivitaminwellnessmadeeasy.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Mempertahankan sistem imunitas atau kekuatan daya tubuh merupakan hal yang harus untuk kami melakukan karena berperan penting bagi kesehatan. Imunitas tubuh pun harus dijaga dengan baik supaya kita tidak terlalu mudah sakit, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Semakin meningkatnya masalah baru masyarakat yang terkena Covid-19 seharusnya semakin membuka mata kita sehingga tahu pentingnya mempertahankan sistem imunitas dan mulai untuk meningkatkannya.

Jika kita memiliki daya tahan yang kuat maka hal itu akan mendukung keadaan tubuh kita tetap sehat dan terjaga. Meskipun memiliki imun yang kuat tidak seutuhnya menjamin kita tidak terkena Covid-19, tapi lebih baik menahan daripada mengobati, kan?

Tips Meningkatkan Imunitas Tanpa Multivitamin

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi multivitamin. Tapi, bagaimana cara lain untuk meningkatkan imunitas tubuh? Tak hanya multivitamin, berikut cara meningkatkan imunitas tubuh.

1. Istirahat Cukup

Apakah kamu seseorang yang bahagia begadang atau tidur dini hari? Berapa lama waktu yang waktu berikan pada tubuhmu untuk istirahat? Kapan terakhir kali kamu menikmati tidur yang berkualitas?

Kurangnya waktu yang kamu luangkan untuk istirahat bisa menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi keperluan tidur yang disesuaikan dengan usia kamu. Seseorang yang tidak cukup tidur cenderung lebih mudah terkena flu atau infeksi lainnya. Pada umumnya, para remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam dan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8-9 jam.

2. Biasakan Olahraga

Tidak hanya meningkatkan stamina, berolahraga juga mampu menambah kekuatan daya tubuh. Olahraga yang paling sederhana dan tidak memerlukan biaya adalah membiasakan diri untuk berjalan kaki, setidaknya 30 menit dalam satu hari. Jika saat ini kamu maupun lingkungan kamu mempunyai keterbatasan untuk berjalan kaki, kamu bisa memulai olahraga itu didalam rumah kamu. Dengan rajin olahraga, secara tidak langsung kamu bisa membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh juga tingkatkan respons antibodi.

See also  Berbagai Manfaat Manggis untuk Kesehatan

3. Berjemur

Jika kamu tidak mempunyai saat untuk olahraga, setidaknya luangkan lah sedikit waktu yang kamu punya untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar. Sinar matahari pagi memiliki kandungan UV (Ultraviolet) yang jika menyentuh permukaan kulit akan berubah jadi vitamin D. Vitamin D sendiri bermanfaat untuk menambah metabolisme kalsium, dan juga mentransmisi kerja otot dan syarat.

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Seiring bertambahnya usia, respons kekebalan tubuh umumnya menurun karena kualitas sel imunitas yang juga menurun. Artinya, kamu membutuhkan asupan makanan yang seimbang dan bergizi tinggi karena berperan penting untuk mempertahankan imunitas tubuh. Kamu bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi yang bisa kamu dapat melalui gandum utuh, buah, sayuran, dan protein tanpa lemak.

Kamu sering makan junk food atau makanan yang memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi? Sekali-Sekali sih boleh, namun hindari untuk konsumsi makanan itu secara berlebih karena tidak hany merubah imunitas, hal itu juga bisa mempengaruhi berat badan kamu.

5. Mengonsumsi Air Mineral yang Cukup

Berapa gelas air mineral yang kamu minum dalam satu hari? Atau, berapa liter air yang kamu konsumsi tiap harinya? Tahukah kamu bahwa jumlah air mineral yang harus kamu konsumsi setiap harinya adalah 30ml x berat badan kamu?

Sebagai contoh, jika berat badan kamu 70kg, maka jumlah air mineral yang harus kamu konsumsi adalah 2,1 liter. Jika kamu ibu hamil atau menyusui, disarankan untuk meningkatkan 300ml lagi setiap harinya.
Apakah kamu sudah minum air mineral dengan takaran yang cukup? Jika sudah, maka pertahankan. Jika belum maka kamu harus membiasakan diri untuk minum lebih banyak lagi.

See also  Rekomendasi Beberapa Vitamin Yang Bagus Bagi Daya Tahan Tubuh Cocok Disaat Pandemi Seperti Ini!

6. Mengelola Stres Agar Lebih Mindful

Pandemi jadi sumber stres yang dirasakan oleh kebanyakan masyarakat saat ini. Karyawan dirumahkan, beberapa orang terkena potongan pendapatan, beberapa orang terpaksa diberhentikan. Satu hal yang harus selalu kamu syukuri adalah kamu bisa membaca artikel ini, karena itu membuktikan bahwa kamu masih diberi kesempatan untuk hidup sampai saat ini.

Jika kamu sangat membebani diri kamu dengan stres, kamu bisa menurunkan imunitas dan secara tidak langsung mendekatkan diri pada penyakit. Kamu bisa mencoba untuk meditasi, mencari alternatif aktivitas , atau meluangkan waktu untuk merintis hobi yang tidak sempat kamu jalani saat kamu mempunyai berbagai aktivitas.

Percayalah bahwa kamu tidak sendirian. Kamu bukan orang yang memikul beban paling berat. Kamu hanya harus cuman beristirahat sejenak dan menata lagi hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mengambil ketentuan dan langkah kecil yang terencana untuk memulai hidup kamu lebih baik lagi.

7. Bersosialisasi

Seperti yang kita bilang sebelumnya, kamu tidak sendirian. Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tanpa konsumsi multivitamin adalah dengan bersosialisasi. Bersosialisasi tidak mengharuskan kamu untuk bertatap muka secara langsung. Karena adanya keterbatasan waktu ini, kamu bisa memulai bersosialisasi dengan menghubungi orang-orang terdekatmu hanya untuk berkeluh kesah atau bercerita seputar masa-masa menggembirakan yang terjadi masa lalu.

Kenapa harus bersosialisasi? Sebab yang harus kamu jaga bukan hanya imunitas dan daya tahan tubuh kamu secara langsung saja, namun juga kewarasan kamu yang berpengaruh pada imunitas itu sendiri.

8. Biasakan Mencuci Tangan

Membiasakan diri untuk mencuci tangan membantu kamu anda untuk mempertahankan kesehatan juga imunitas karena bisa menghindarkan kamu dari terinfeksi virus juga bakteri yang secara tidak langsung masuk ke dalam tubuh kamu, khususnya ketika Covid-19 ini berlangsung. Maka biasakan untuk mencuci tangan saat keluar masuk rumah, bersentuhan fisik dengan orang lain, makan, memakai toilet, maupun sehabis batuk atau membuang ingus.

See also  Delapan Cara Menghilangkan Perilaku Adiktif Terhadap Smartphone

Demikian penjelasan seputar tips meningkatkan imunitas tanpa mengkonsumsi multivitamin. Banyak caranya bukan? Artikel ini tidak hanya bermanfaat bagi kamu, namun jika kamu menerapkan dengan baik maka juga bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kamu.

Stay safe, stay healthy, stay sane!

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

wellnessmadeeasy.id - Mempertahankan kesehatan mental adalah hal yang signifikan dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Mengapa demikian? Faktanya, sinar matahari adalah salah satu metode pengobatan yang banyak dijalankan untuk menanggulangi lebih dari satu persoalan kesehatan, baik fisik maupun mental. Namun perlu diperhatikan, jumlah paparan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.