Delapan Cara Menghilangkan Perilaku Adiktif Terhadap Smartphone

Delapan Cara Menghilangkan Perilaku Adiktif Terhadap Smartphonewellnessmadeeasy.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Di zaman yang segala sesuatu hal serba digital rasanya sulit untuk menghindari pemakaian smartphone, terlebih sebab adanya smartphone sangat mendukung kita untuk membawa epek apa yang ingin kita lakukan lebih mudah. Mulai dari berkomunikasi dan bertukar informasi secara daring, nikmati hiburan yang ada di beberapa sistem juga aplikasi tertentu, juga mencari informasi baru seperti kamu membaca artikel ini.

Sadar atau tidak, terlalu sering menggunakan handphone membuat kamu jadi sosok yang individualistis. Waktu yang kamu luangkan dengan teman apalagi keluarga kamu terasa tidak cukup bermakna sebab kita masing-masing diantara kita sangat asyik dengan handphone nya sendiri. Memang, hal itu sangat relevan dengan perumpamaan yang sering kali kita dengar perihal smartphone maupun internet, yaitu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Hal itu menandakan bahwa ada barangkali kita sudah terlalu adiktif atau candu dengan smartphone yang kita genggam, seakan-akan kita tidak bisa hidup terlepas tanpanya. Sesudah itu apa yang dimaksud dengan adiktif? Apa saja tips menghilangkan perilaku adiktif pada smartphone?

Perilaku Adiktif

Secara harfiah, adiksi merupakan sebuah keadaan dimana kita secara fisik dan mental ketergantungan pada hal tertentu yang menimbulkan perubahan bagi kita. Perilaku adiktif  pada smartphone artinya keadaan dimana kita merasa tidak bisa lepas dari smartphone dan terasa hampa jika tidak ada smartphone di sekitar kita.

Salah satu pertanda bahwa kamu adiktif pada smartphone adalah ketika kamu ingin istirahat tetapi tertunda sampai dini hari sebab sangat nyaman menatap layar handphone kamu. Pertanda lainnya adalah ketika kamu bangun tidur dan hal yang pertama anda cari adalah handphone, berawal dari niat untuk melihat jam dan berakhir dengan berselancar di media sosial. Pertanda yang secara tidak sadar kita alami adalah ketika kita pergi entah ke kamar mandi, dapur, meja makan, kita tetap menggenggam handphone itu padahal tidak kita gunakan.

See also  Apa Itu Staycation dan Apa Saja Tipsnya Sehingga Aman?

Tips Menghilangkan Perilaku Adiktif Terhadap Smartphone

Kemudian, bagaimana cara menangani perilaku adiktif itu? Kita akan merangkum 8 tips untuk kamu. Sebelum kamu mulai, persiapkan diri kamu terlebih dahulu dan niatkan bahwa kamu benar-benar ingin menangani perilaku adiktif itu supaya kamu menjadi lebih baik lagi.

1. Ingat Kembali Tujuan Memiliki Smartphone

Coba kamu ingat lagi, kenapa kamu membeli handphone yang saat ini kamu genggam? Apakah kamu sudah menggunakannya dengan bijaksana seperti apa yang kamu niatkan di awal?

Jika kamu adalah seorang content creator, editor, designer, atau seorang yang punya pekerjaan dan juga kesibukan yang memang memaksa kamu terus menatap layar, tidak masalah karena handphone yang kamu genggam jadi aset produktif. Tapi, jika saat ini apa yang kamu lakukan berbeda dengan apa yang kamu niatkan, seperti membawa efek kamu sangat banyak melihat hiburan sampai tidak tahu waktu, sangat banyak main game sampai enggan bersosialisasi, rasanya kamu harus mengevaluasi lagi tujuan kamu punya handphone.

2. Mengetahui Dampak Dari Perilaku Adiktif

Jadi adiktif pada smartphone bisa memberikan dampak buruk bagi kamu. Tak hanya bisa turunkan imunitas yang merubah kesehatan, pemanfaatan handphone disertai dengan kecanduan akan media sosial sering membawa dampak kamu merasa insecure ketika melihat aktivitas orang lain dan membanding-bandingkan dengan diri anda sendiri.

Terlalu candu dengan handphone pun bisa membuat kamu menjadi sosok yang individualistis. Kamu cenderung menyukai kesendirian karena merasa nyaman di dunia maya yang secara tak sadar kamu menahan dari keramaian dan sporadis bersosialisasi.

3. Matikan Notifikasi

Setelah kamu sadar kembali tujuan kamu juga mengetahui pengaruh dari perilaku adiktif, saatnya langkah nyata pertama yang bisa kamu lakukan dengan handphone kamu, yaitu matikan notifikasi, atau atur notifikasi kamu sebatas aktif untuk orang-orang terdekat kamu, keluarga misalnya.

See also  Mengobati hidung tersumbat tanpa ke dokter spesialis

Sadar atau tidak, kita sering kali secara refleks mencari dimana letak gadget kita ketika ada dering notifikasi berbunyi, padahal ketika dibuka ternyata sebatas iklan atau promosi semata. Dengan mengatur kembali notifikasi, kamu menjadi tahu bahwa jika ada suara dering atau notifikasi masuk artinya ada sesuatu yang penting entah pekerjaan maupun keluarga.

4, Batasi Akses Penggunaan

Jika kamu sudah mematikan notifikasi tetapi masih tidak bisa lepas dari gadget, coba untuk membatasi akses pemanfaatan dengan mengatur pengingat di gadget kamu atau batasi dengan pencerahan diri kamu berapa lama kamu boleh menggunakan gadget. Kamu bisa mulai dengan keputusan sederhana yaitu buka handphone ketika pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, maupun tugas-tugas sekolah atau kuliah kamu sudah terselesaikan di hari itu.

5. Hapus Aplikasi yang Menimbulkan Perilaku Adiktif

Bermain gadget membuat kita suka lupa waktu apalagi sering kali lupa makan juga istirahat. Harus kamu pertimbangkan lagi seberapa besar kegunaan dari aplikasi yang menyebabkan kamu candu? Jika hal itu sampai mengganggu keharmonisan keluarga, merusak pertemanan, sampai menahan pekerjaan, kita sarankan kamu untuk menghapus aplikasi itu sebab kamu sudah memperlihatkan perilaku adiktif.

Lalu apa yang bisa kita lakukan setelah menghapus aplikasi itu? Langkah selanjutannya akan membantu kamu.

6. Mencari Pengalihan atau Alternatif Lain

Menghilangkan perilaku adiktif pada smartphone memang tidak mudah dan butuh proses, sama seperti perilaku adiktif lainnya.

Setelah kamu menghapus aplikasi yang sebabkan kamun candu, kamu bisa membiasakan diri untuk memulai lagi menekuni hobi kamu, mempelajari hal baru atau mendalami hal yang sudah kamu kuasai sebelumnya. Kamu pun bisa mencari alternatif aplikasi lain yang bisa membantu produktivitas kamu, baik aplikasi untuk belajar softskill dan hardskill.

See also  Ini Alasan Kenapa Intermitten Fasting atau Diet Puasa Cocok Untuk Kamu!

7. Biasakan Bersosialisasi

Jika kamu masih belum menemukan pengalihan yang tepat, kamu bisa menghubungi orang-orang terdekat kamu, atau teman lama kamu hanya sebatas untuk tegur sapa dan bertukar informasi. Membiasakan diri untuk bersosialisasi bisa mendukung kamu secara perlahan untuk menghilangkan perilaku adiktif pada smartphone.

Kamu mampu mengatur jadwal liburan bersama dengan mereka, entah membuat jadwal liburan atau hanya hangout di akhir pekan. Harus kamu biasakan juga untuk meletakkan handphone kamu ketika orang-orang di sekitar kamu berbicara dan biasakan juga jadi pendengar yang baik.

8. Matikan Smartphone Sebelum Tidur

Sebelum tidur, ada baiknya kamu mematikan handphone sehingga kamu bisa tidur lebih awal dan tidak tergoda untuk mengintip isi handphone dan berakhir dengan tidur sangat larut. Kamu hanya harus memberi informasi orang-orang terdekat kamu, mengevaluasi apa yang kamu lakukan hari ini dan membuat planning apa yang akan anda lakukan di kemudian hari.

Memang, untuk melakukan suatu perubahan terlebih menghilangkan norma adalah hal yang terasa berat. Semua butuh kedisiplinan diri juga konsistensi. Agar terasa lebih mudah, kamu bisa mencari seseorang di sekitar kamu yang bisa menolong anda mengingatkan.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

wellnessmadeeasy.id - Mempertahankan kesehatan mental adalah hal yang signifikan dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Mengapa demikian? Faktanya, sinar matahari adalah salah satu metode pengobatan yang banyak dijalankan untuk menanggulangi lebih dari satu persoalan kesehatan, baik fisik maupun mental. Namun perlu diperhatikan, jumlah paparan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.