Berikut Ini Rekomendasi Asuransi Kehilangan Mobil Terlengkap 2022

Berikut Ini Rekomendasi Asuransi Kehilangan Mobil Terlengkap 2022wellnessmadeeasy.id – Literasi asuransi sudah mulai banyak diakses akhir-akhir ini. Artinya, banyak individu yang sudah mulai memahami pentingnya produk asuransi.

Bersamaan dengan kemungkinan risiko mulai sekarang, produk keamanan semakin diperiksa. Salah satunya adalah asuransi kerugian kendaraan.

Ya, kehilangan kendaraan mungkin merupakan risiko terbesar bagi pemilik kendaraan. Risiko ini bisa terjadi pada siapa saja dan tiba-tiba.

Untungnya, saat ini sudah ada produk asuransi kendaraan, terutama yang mengcover risiko kerugian.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu asuransi kerugian kendaraan dan rekomendasi asuransi terbaik di tahun 2022, ada baiknya kita simak ulasan lengkap admin di bawah ini.

Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya

Sebelum membahas rekomendasi asuransi kerugian kendaraan, baik pembelian tunai maupun kredit di tahun 2022, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pentingnya asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan atau yang dikenal dengan asuransi kendaraan merupakan salah satu jenis asuransi yang mengalihkan berbagai risiko kendaraan kepada perusahaan asuransi.

Jadi jika terjadi sesuatu pada kendaraan, organisasi asuransi yang bertanggung jawab, bukan pemilik kendaraan.

Asuransi kehilangan kendaraan merupakan salah satu jenis asuransi kendaraan. Lalu, ada banyak sekali jenis asuransi kerugian kendaraan di Indonesia.

Mulai dari asuransi kendaraan all risk, TLO, hingga inklusi tabrakan. Berikut klarifikasinya.

1. Comprehensive (All Risk)

Asuransi komprehensif atau all risk adalah asuransi yang menjamin semua risiko yang terjadi pada kendaraan.

Berbagai macam klaim, mulai dari kerusakan ringan, sedang hingga berat, hingga kerugian akan ditanggung oleh asuransi semacam ini.

Tentu saja, manfaat asuransi yang sangat besar ini mirip dengan biaya asuransi yang cukup besar.

Sebagian besar asuransi semua risiko mencakup kendaraan baru yang baru saja keluar dari dealer.

Namun, mobil bekas masih bisa diasuransikan dengan jaminan semacam ini.

2. TLO (Total Loss Only)

Jenis asuransi kendaraan berikut ini adalah TLO atau all out loss as it was. Ini adalah asuransi yang mungkin menanggung risiko jika terjadi kerugian total.

Ini berarti bahwa klaim asuransi mungkin diakui jika terjadi kerugian total, khususnya lebih dari 75% kerusakan pada kendaraan atau kerugian karena pencurian atau perampokan.

Jika kerugian kendaraan kurang dari 75%, maka perkara tersebut tidak sah dan pemilik kendaraan tidak mendapatkan ganti rugi.

Namun, asuransi TLO memiliki keunggulan dibandingkan asuransi all risk, khususnya biaya superior yang jauh lebih masuk akal.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Kemudian ada juga asuransi kendaraan bersama, yaitu asuransi yang menjamin kerugian kendaraan yang disebabkan oleh berbagai hal seperti kecelakaan, tabrakan, terpeleset, terguling, pencurian, pembobolan, perbuatan keji, dan kebakaran.

Asuransi kendaraan konsolidasi juga mencakup kerugian dan kerugian dari kendaraan yang siap diangkut atau kapal kapal. Asuransi kehilangan kendaraan ini akan menanggung risiko kerugian yang berada di bawah naungan Dirjen Perhubungan Darat.

4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Jenis lain dari asuransi kerugian mobil adalah perpanjangan atau asuransi kendaraan pengendara. Asuransi ini merupakan asuransi tambahan, dimana pemilik kendaraan sebagai pemegang polis akan mendapatkan keuntungan tambahan dari fundamental assurance yang dimilikinya.

See also  Inilah Kumpulan Nonton Bokeh Museum Xxnamexx Mean Xxii Xxiii Xxiv Cina 2020 Indonesia 2017 pa

Meskipun ada banyak manfaat tambahan yang ditawarkan, tidak semua fitur diperlukan.

Anda harus berhati-hati dalam memilih asuransi ini karena setiap tambahan komponen yang ditawarkan akan menimbulkan biaya tambahan.

5. Asuransi Mobil Liability Insurance

Asuransi mobil liability insurance merupakan asuransi kendaraan yang memberikan pertanggungan ganti rugi kepada Tertanggung yang secara hukum wajib menanggung ganti rugi akibat kerusakan karena cedera atau kecelakaan dan kehilangan.

Jadi asuransi ini merupakan asuransi pihak ketiga atau third party, dimana pertanggungan diberikan kepada orang ketiga. Misalnya, ketika seseorang mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kerugian pada orang lain.

Maka orang tersebut tidak perlu mengganti kerugian kepada korban karena kerugian sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

6. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Asuransi mobil personal injury protection merupakan asuransi yang memberikan perlindungan terhadap diri sendiri.

Artinya, jika terdapat kerugian pada pengemudi atau penumpang lain dalam satu kendaraan, maka terdapat biaya tambahan yang dibebankan kepada mereka.

7. Asuransi Mobil Collision Coverage

Terakhir, ada juga asuransi mobil collision coverage. Yaitu asuransi yang khusus membiayai segala kerugian akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi.

Asuransi ini akan memberikan ganti rugi sesuai dengan harga mobil arau sebesar kerugian yang ada.

Cara klaim Asuransi Kehilangan Mobil

Adanya asuransi kehilangan mobil tentu membuat kamu tidak perlu cemas ketika terjadi sesuatu pada kendaraan yang kamu miliki.

Hanya dengan membayar premi yang telah disepakati, segala risiko kehilangan baik karena kecelakaan maupun pencurian akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Lantas bagaimana cara klaim asuransi kehilangan mobil ketika mobil hilang karena dicuri? Berikut detailnya.

1. Hubungi pihak asuransi

Pertama kali yang perlu kamu lakukan saat terjadi kehilangan mobil adalah langsung menghubungi pihak asuransi. Laporan kehilangan ini dapat dilakukan melalui telepon, email, maupun datang langsung ke kantor asuransi.

Dalam hal ini, perhatikan waktu pelaporan yang disyaratkan. Terdapat batas waktu berbeda-beda yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan asuransi.

Pastikan hal ini saat kamu pertama kali membeli produk asuransi, jangan sampai klaim ditolak hanya karena terlambat melapor.

Umumnya, batas waktu pelaporan kehilangan adalah 3×24 hingga 5×24 jam setelah kehilangan terjadi. Oleh karena itu, laporan kehilangan sangat diutamakan.

2. Buat berita kehilangan di Kepolisian

Berbarengan dengan laporan kehilangan ke kantor asuransi, buat juga laporan kehilangan ke pihak Kepolisian. Terdapat batas waktu maksimal pelaporan kehilangan, yaitu 1×24 jam saja.

Nantinya polisi akan memblokir seluruh dokumen kendaraan agar tidak terjadi penyalahgunaan kendaraan yang tidak bertanggung jawab. Sebelumnya polisi juga meminta saksi sebanyak 2 orang untuk dilakukan pemeriksaan.

3. Siapkan surat resmi dari Kepala Direktorat Reserse

Selain surat kehilangan dari pihak Kepolisian, kamu juga perlu mengurus surat resmi dari Direktorat Reserse. Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk membuat surat ini antara lain:

  • Fotokopi KTP dan BPKB
  • Fotokopi faktur pembelian
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi laporan kepolisian
  • Surat pengantar dari perusahaan asuransi
  • Fotokopi dokumen TKP
  • Surat pencarian barang
See also  Berikut Ini Rekomendasi Asuransi Kehilangan Mobil Terlengkap 2022

4. Ajukan klaim

Jika seluruh prosedur sebelumnya telah selesai dikerjakan, berikutnya kamu bisa mengajukan klaim asuransi kepada pihak asuransi. Pastikan seluruh dokumen yang disyaratkan telah lengkap agar proses klaim menjadi mudah.

Tidak semua produk asuransi kehilangan mobil memiliki syarat dokumen yang sama. Namun secara umum, dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  • Polis asuransi
  • BPKB, STNK, serta faktur pembelian asli
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi KTP tertanggung yang sesuai dengan nama pada STNK
  • Kuitansi
  • Materai 3 lembar
  • Berkas kepolisian resmi

Klaim asuransi kehilangan mobil umumnya akan diproses selama 60 hari atau kurang lebih tiga bulan. Pasalnya, pihak asuransi akan memberikan waktu pada Kepolisian terlebih dahulu untuk mengusut perkara ini.

Jika mobil tidak ditemukan, maka proses klaim akan dilanjutkan.

Setelah klaim diterima, pemilik kendaraan akan menerima pencairan klaim asuransi dalam waktu kurang lebih 30 hari.

Perlu dicatat bahwa jika dalam kurun waktu 60 hari mobil ditemukan, maka klaim kehilangan akan diganti menjadi klaim kerusakan yang aman asuransi akan mengganti kerugian akibat kerusakan mobil.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Klaim Asuransi Kehilangan Mobil

Nah, seperti yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim asuransi kehilangan mobil, antara lain:

  • Fotokopi KTP Tertanggung
  • Fotokopi BPKB, STNK, dan faktur pembelian
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi laporan kepolisian
  • Fotokopi dokumen bukti TKP
  • Asli surat pengantar dari pihak asuransi

Dokumen-dokumen diatas sifatnya wajib, namun ketentuannya bisa saja berbeda-beda dari setiap perusahaan asuransi.

Untuk itulah, kamu perlu menanyakan kepada pihak asuransi mengenai dokumen apa yang dibutuhkan untuk melakukan klaim.

Catat dan siapkan dengan teliti dokumen-dokumen tersebut untuk mempermudah kamu dalam melakukan pengajuan klaim.

Rekomendasi Produk Asuransi Kehilangan Mobil

Lantas produk asuransi apa saja yang direkomendasikan untuk menanggung risiko atas kehilangan mobil? Berikut daftarnya.

1. Asuransi Mobil AXA Mandiri

Asuransi mobil AXA Mandiri merupakan salah satu perlindungan kendaraan yang memberikan pertanggungan jika nasabah mengalami kehilangan mobil.

Asuransi ini memberikan 2 pilihan, yaitu asuransi TLO serta asuransi all risk.

Untuk asuransi TLO, premi yang dibayarkan mulai dari Rp45 ribu per hari. Sedangkan pada asuransi all risk yang memberikan perlindungan menyeluruh, premi yang dibebankan mulai dari Rp194 ribu per bulan.

Asuransi TLO Axa Mandiri memberikan perlindungan akibat kerusakan kendaraan total sesuai dengan kesepakatan pada polis.

Beberapa manfaatnya antara lain mengganti biaya kerugian akibat tabrakan, benturan, kerusakan dengan total kerugian 75% dari harga mobil serta biaya kerugian jika mobil hilang.

See also  Inilah10 HP vivo RAM 4GB Murah & Terbaik 2022, Harga Mulai Rp1 Jutaan Aja!

Produk ini juga memberikan tanggung jawab hukum pihak ketiga dengan masa pertanggungan 1 tahun.

Sedangkan asuransi all risk Axa Mandiri memberikan proteksi akibat seluruh kerusakan yang terjadi pada mobil termasuk risiko kehilangan.

Kerusakan yang dimaksud adalah kerusakan ringan, sedang, hingga total.

Manfaat pertanggungannya antara lain penggantian biaya kerusakan akibat hilang atau rusak, jaminan hukum pihak ketiga, serta layanan derek dengan masa pertanggungan 1 tahu.

2. Asuransi Mobil Tokio Marine

Rekomendasi berikutnya adalah asuransi mobil Tokio Marine, yaitu asuransi kendaraan yang melindungi mobil dari berbagai risiko akibat kecelakaan, tabrakan, benturan, atau hilang.

Mobil yang hilang akibat pencurian, pemerasan, serta kejahatan lainnya juga ditanggung oleh asuransi ini.

Asuransi mobil Tokio Marine terdiri dari 2 jenis, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO.

Asuransi all risk menanggung segala kerugian atau kerusakan secara menyeluruh, baik kerusakan ringan maupun berat.

Sedangkan asuransi TLO hanya menanggung kerugian dari kerusakan mobil yang biayanya melebihi 75% dari harga mobil.

3. Asuransi Mobil Sinar Mas

PT Asuransi Sinarmas juga memiliki produk asuransi kehilangan mobil yang mengcover kerugian akibat risiko hilang atau rusak.

Asuransi ini terdiri dari 2 jenis, yaitu asuransi TLO dan asuransi all risk.

Sama seperti produk lainnya, asuransi TLO menanggung biaya kerusakan mobil yang mencapai 75% dari harga mobil. Sedangkan asuransi all risk menanggung segala risiko baik karena hilang maupun rusak.

Salah satu keunggulan dari asuransi ini adalah manfaatnya yang menanggung risiko terhadap mobil hingga 12 tahun.

4. Asuransi Mobil ABDA

Berikutnya, ada juga asuransi mobil ABDA yang direkomendasikan bagi kamu yang mencari asuransi kehilangan mobil.

Asuransi ini merupakan produk dari PT Asuransi Bina Arta Tbk yang memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan atau kerusakan mobil.

Sama seperti produk lainnya, asuransi mobil ABDA memberikan 2 pilihan jenis asuransi, yaitu asuransi TLO dan asuransi all risk.

Salah satu keunggulan asuransi ini adalah proses klaimnya yang cukup mudah melalui aplikasi.

5. Asuransi Mobil ACA

Asuransi kendaraan ACA adalah item asuransi mobil yang diterbitkan oleh PT Asuransi Central Asia atau ACA.

Asuransi ini memberikan jaminan atau jaminan dari berbagai kerugian seperti kehilangan atau kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan atau perbuatan jahat seseorang.

Asuransi kendaraan ACA terdiri dari 2 jenis yaitu asuransi komprehensif dan asuransi TLO. Anda dapat memilih salah satu dari dua jenis sesuai kebutuhan Anda.

yakin nilai premi dan manfaat yang berbeda harus dipertimbangkan sebelum memilih item.

Memang, itulah survei lengkap asuransi kendaraan dan asuransi kerugian kendaraan yang penting untuk diketahui.

Ingatlah bahwa kendaraan merupakan salah satu aset yang tidak murah, sehingga membutuhkan asuransi agar jika terjadi risiko tidak mengalami kerugian moneter.

Jika Anda memiliki keinginan untuk mencari tahu tentang produk asuransi kerugian kendaraan, Anda dapat mengunjungi Aplikasi, OK!

Check Also

New Link Full No Senhsor Video Viral Riffa Atta Do Tiktok Dan Twitter Terbaru

New Link Full No Senhsor Video Viral Riffa Atta Do Tiktok Dan Twitter Terbaru

wellnessmadeeasy.id - Tautan Baru Penuh Tidak Ada Video Viral Senhsor Riffa Atta Do Tiktok Dan Twitter. Apa kabar kalian semua, sampai jumpa lagi bersama saya pada kesempatan kali ini. Begitu banyak pencarian tentang video viral Riffa Atta. Membuat saya bersemangat untuk memberikan data kali ini. Oleh karena itu, membuat saya bersemangat untuk memberikan data tentang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.