Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mentalwellnessmadeeasy.id – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Mempertahankan kesehatan mental adalah hal yang signifikan dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Mengapa demikian? Faktanya, sinar matahari adalah salah satu metode pengobatan yang banyak dijalankan untuk menanggulangi lebih dari satu persoalan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Namun perlu diperhatikan, jumlah paparan sinar matahari dan waktu berjemur tidak boleh sembarangan. Karena, hal ini malah bisa tingkatkan risiko terjadinya hal yang berbahaya, misalnya kulit terbakar atau kanker kulit.

Waktu paling baik untuk berjemur adalah pada pagi hari di bawah jam 10 pagi, dengan durasi tidak lebih dari 30 menit sampai 1 jam.

Manfaat Sinar Matahari pada Kesehatan Mental 

Fungsi sinar matahari pada kesehatan mental barangkali tidak banyak diketahui. Tetapi, pada dasarnya sinar matahari maupun kegelapan bisa membawa efek divestasi hormon di otak.

Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menambah divestasi hormon serotonin. Hormon ini berhubungan dengan peningkatan kondisi hati dan bisa membawa dampak seseorang jadi lebih tenang dan fokus.

Saat berada di tengah kegelapan, otak akan mengakibatkan hormon melatonin yang bertanggung jawab untuk membantu tubuh tidur. Tanpa paparan sinar matahari yang memadai, kandungan serotonin di di dalam tubuh bisa menurun, dan hal ini disebut mengenai dengan risiko depresi dengan pola musiman.

Artinya, gangguan pada kesehatan mental ini muncul implikasi tubuh tidak memperoleh sinar matahari yang lumayan, misalnya pada musim tertentu.
Meski begitu, mempertahankan kesehatan mental bukan satu-satunya manfaat dari terkena paparan sinar matahari yang memadai.

Tak sekedar lewat kulit, pengaruh serotonin yang diinduksi cahaya bisa dipicu oleh sinar matahari yang masuk lewat mata. Sinar matahari memberi isyarat pada area khusus di retina yang memicu pelepasan serotonin.

See also  Ini Alasan Kenapa Intermitten Fasting atau Diet Puasa Cocok Untuk Kamu!

Hubungan Paparan Sinar Matahari dengan Mengatasi Skizofrenia

Skizofrenia Adalah keadaan kesehatan mental serius yang sebabkan seseorang seperti tidak berada di didalam fenomena disebabkan gejala psikotik, seprerti halusinasi dan ilusi. Hal itu berdampak buruk pada cara berpikir dan berperilaku.

Hal ini ditemukan jika seseorang yang mengidap skizofrenia lebih cenderung punya taraf vitamin D yang rendah, dibandingkan orang normal atau terkena sedikit paparan sinar matahari.

Sebagian penelitian juga menyebut jika sinar matahari yang tidak tercukupi saat bayi atau disebut suplementasi vitamin D, bisa menaikkan risiko berasal dari gangguan kebugaran mental ini di masa depan.

Tak sekedar itu, memang di dalam suatu penelitian disebutkan jika seseorang yang didiagnosis dengan skizofrenia mengalami taraf vitamin yang rendah, terutama jika gejalanya akut.

Nah, sekarang kamu jelas alasan jika seseorang yang sporadis terpapar sinar matahari berisiko lebih besar untuk mengalami kasus kebugaran mental. Maka berasal dari itu, ada baiknya untuk memperoleh sinar matahari secara rutin sehingga tubuh mampu sehat secara fisik dan mental.

Kecukupan tubuh untuk vitamin D dan kandungan serotonin di didalam tubuh benar-benar berarti untuk mempertahankan kesehatan.

Tak hanya dengan berjemur, lengkapi juga dengan mengkonsumsi suplemen spesifik untuk mempertahankan kebugaran mental dan kesehatan tubuh secara seluruhnya, terutama suplemen vitamin D.

 

Akhir kata

Cukup sekian informasi kaliini semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Check Also

Delapan Cara Meningkatkan Imunitas Tanpa Mengkonsumsi Multivitamin

Delapan Cara Meningkatkan Imunitas Tanpa Mengkonsumsi Multivitamin

Mempertahankan sistem imunitas atau kekuatan daya tubuh merupakan hal yang harus untuk kami melakukan karena berperan penting bagi kesehatan. Imunitas tubuh pun harus dijaga dengan baik supaya kita tidak terlalu mudah sakit, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Semakin meningkatnya masalah baru masyarakat yang terkena Covid-19 seharusnya semakin membuka mata kita sehingga tahu pentingnya mempertahankan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.