Apa Itu Staycation dan Apa Saja Tipsnya Sehingga Aman?

Apa Itu Staycation dan Apa Saja Tipsnya Sehingga Aman?wellnessmadeeasy.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Dalam merintis pekerjaan dari rumah, pasti terkadang rasa bosan menghampiri kita. Bahkan jika pekerjaan kamu merupakan jenis pekerjaan yang dituntut untuk kreatif. Mencari situasi baru saat bekerja, pasti saja merupakan hal yang cukup penting guna menambah produktivitas.

Tetapi, kamu juga perlu memahami kalau saat ini pandemi masih mengintai kita, jadi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai untuk staycation. Tetapi, sebelum masuk ke beberapa tips melakukan staycation, saya akan menjelaskan lebih rinci berkenaan pengertian dari staycation itu sendiri.

Pengertian Staycation

Menurut How Stuff Works staycation merupakan penggabungan kata dari berlibur (Vacation) dan juga berada di rumah (Staying at home). Tapi, ada juga yang mengartikan jika staycation merupakan liburan yang tetap di dalam satu kota atau satu negara. Biasanya, staycation dilakukan untuk memanjakan diri sendiri dan juga berelaksasi dari kepenatan kesibukan sehari-hari, baik pekerjaan yang banyak atau juga keadaan yang mulai membosankan.

Kamu bisa lakukan staycation di temoat-tempat seperti hotel yang ada di dekat rumah, atau dengan melakukan kemah di perkemahan yang paling dekat dengan kota kamu. berkemah juga merupakan hal yang paling bagus saat ini jika kamu ingin liburan, karena kamu bisa melepaskan semua kepenatan yang dihasilkan dari kesibukan sehari-hari yang sangat repetitif. Selain itu, berkemah juga lebih aman untuk saat ini, karena kamu sanggup meminimalisir hubungan dengan seseorang di dalam ruangan yang mana hal itu bisa meningkatkan penularan virus. Hanya saja, memang melakukannya di hotel akan lebih nyaman dibandingkan dengan berkemah di alam terbuka.

See also  Ini Alasan Kenapa Intermitten Fasting atau Diet Puasa Cocok Untuk Kamu!

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam melakukan liburan, seperti:

1. Pastikan kamu dalam keadaan sehat

Ini merupakan syarat yang sangat penting dalam melakukan staycation. Karena jangan sampai nantinya kamu malah merepotkan orang-orang di sekitar karena tidak dalam situasi yang prima. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu melakukan rapid test antigen atau swab PCR untuk jalankan pengecekan. Jika hasilnya negatif, kamu tetap harus pastikan keadaan tubuh kamu dalam situasi fit sebelum berangkat.

Tak hanya itu, jika kamu punya riwayat penyakit yang membutuhkan minum obat, pastikan bahwa semua pasokan obat yang akan kamu bawa cukup sehingga tidak harus lagi membeli obat di tempat kamu staycation.

2. Pastikan daerah rumah kamu tidak masuk dalam zona merah COVID-19

Syarat kedua dalam melakukan staycation adalah dengan memastikan bahwa rumah kamu tidak masuk dalam zona merah. Untuk saksikan peta penyebaran Covid-19 di rumah, kamu bisa unduhan aplikasi Pedulilindungi yang disediakan oleh pemerintah.

Jika daerah rumah kamu masuk ke di dalam zona merah, maka kamu sebaiknya untuk menunda planning liburan kamu setidaknya sampai rumah kamu masuk ke dalam zona hijau. Tapi, jika daerah rumah kamu masuk ke dalam zona hijau, bukan berarti kamu bisa mengabaikan protokol kesehatan.

3. Pastikan tempatnya bersih dan tidak ramai

Sebelum melakukan liburan, pastikan kalau daerah yang akan kamu tuju tidak ada keramaian yang bisa menimbulkan penularan virus. Tidak hanya itu, kamu juga disarankan untuk tidak membawa orang sangat banyak ketika melakukan liburan, karena hal itu mampu menaikkan risiko tertularnya virus saat melakukan liburan.

Pastikan juga lokasi liburan staycation yang akan kamu tuju tidak kotor sehingga kenyamanan yang akan kamu dapatkan menjadi lebih maksimal. Tidak hanya itu, daerah yang kotor juga bisa membawa berbagai penyakit, sehingga yang awalnya kamu berniat untuk liburan dan bersenang-senang, malah menjadi musibah karena ketika sampai rumah kamu malah jatuh sakit.

See also  Perlu Diketahui Mencegah Anak Stunting Sejak Masih Dalam Kandungan Itu Perlu, Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi Makanan Berikut!

4. Pastikan selalu jaga jarak dan tidak berkerumun

Staycation bukan berarti kamu bisa mengabaikan protokol kesehatn, justru malah kamu harus lebih ketat dalam melakukannya sebab kamu tidak sadar apakah orang di sekitar kamu merupakan orang yang bebas dari Covid-19 atau pasien yang tanpa gejala. Oleh karena itu, kamu memastikan bahwa selalu menjaga jarak , tidak berkerumun, dan selalu menggunakan masker.

Itu tadi beberapa tips staycation yang aman selama pandemi. Bagi kamu yang butuh situasi baru waktu Wfh, maka kamu bisa melakukan hal-hal di atas. Tapi, dalam suasana pandemi seperti sekarang ini, tempat liburan yang paling aman adalah rumah kamu sendiri.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Berikut Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

wellnessmadeeasy.id - Mempertahankan kesehatan mental adalah hal yang signifikan dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Mengapa demikian? Faktanya, sinar matahari adalah salah satu metode pengobatan yang banyak dijalankan untuk menanggulangi lebih dari satu persoalan kesehatan, baik fisik maupun mental. Namun perlu diperhatikan, jumlah paparan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.