Skip links

Semua orang ingin bahagia, tapi banyak yang tidak mengerti cara mudah untuk mendapatkannya. Salah satunya adalah dengan menyelaraskan pikiran dan tubuh kita.

Kesehatan mental mempengaruhi cara kita berpikir, merasakan, dan bertindak. Ini juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa.

Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga bisa dicapai dengan usaha. dengan melakukan hal-hal simple yang bahkan kita tidak sadari bisa kita lakukan dengan mudah dan gratis.

Bersikap positif

Para ahli mengatakan orang-orang yang secara emosional baik, dikenal lebih dapat beradaptasi dengan masalah dan dapat secepat mungkin bangkit kembali setelah kesulitan menimpa dirinya. Hal ini dinamakan Resilience. Tanda lain dari kesehatan emosional adalah orang tersebut dapat mempertahankan pikiran positif lebih lama dan lebih menghargai saat-saat indah.

Untuk mengembangkan pikiran positif:

  • Ingatlah hal baik yang kamu lakukan. Beri dirimu sedikit penghargaan atas semua hal baik yang sudah kamu lakukan untuk orang lain.
  • Maafkan dirimu sendiri. Semua orang pasti melakukan kesalahan. Belajarlah dari kesalahan tanpa rasa penyesalan
  • Habiskan waktu dengan teman baikmu. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang memiliki pikiran positif dan sehat rohani dan jasmani.
  • Jelajahi keyakinanmu tentang makna & tujuan hidup. Pikirkan tentang bagaimana membawa hidup Anda dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan Anda.
  • Bangun kebiasaan yang sehat. Makan makanan sehat, beraktivitas fisik, dan tidur yang teratur. Hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Segarkan Pikiranmu

Semua orang pernah mengalami stres. Stres dapat berguna memberikan aliran energi saat dibutuhkan. Tetapi apabila stres berlangsung dengan waktu yang lama atau stres kronis, hal ini akan sangat berbahaya dan tidak lagi membantu. Pelajari cara yang baik dan benar untuk mengatasi stres yang dapat meningkatkan ketahanan dan kesehatan Anda.

Untuk membantu mengurangi stres:

  • Istirahat yang cukup.
  • Berolahraga secara teratur. Berjalan kaki 30 menit sehari dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan mood.
  • Perkuat koneksi sosial. Bangun hubungan yang baik dengan keluarga dan teman. Buka diri untuk bergabung dengan komunitas guna belajar hal baru.
  • Atur prioritas. Putuskan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dan mana yang bisa dilakukan nanti. Komunikasikan jika ada tugas baru yang membuat Anda merasa terbebani.
  • Berpikir positif. Catat apa saja yang sudah berhasil Anda lakukan hari ini. Bukan hal yang gagal dilakukan.
  • Cobalah metode relaksasi. Meditasi, Yoga dan Tai Chi akan sangat membantu.
  • Mencari Pertolongan. Coba konsultasi dengan profesional kesehatan mental jika merasa terlalu berat menopang beban mental.

Be mindful

“Mindfulness adalah memusatkan perhatian sedemikian rupa, menghayati apa yang sedang Anda lakukan, tanpa melakukan penilaian,” kata psikolog dan penulis Rewire Your Brain For Love, Marsha Lucas, Ph.D.

Konon, praktik mindfulness adalah salah satu kunci menghindari dan mengatasi rasa cemas, maupun stres. Mindfulness atau kesadaran diri akan momen di depan mata layaknya pelampung, dapat menolong Anda agar tidak terhanyut akibat derasnya arus pikiran.

Menjadi pribadi yang penuh kesadaran sebenarnya sangat simpel tapi membutuhkan komitmen serta latihan. Berikut beberapa formula yang bisa diaplikasikan.

Untuk menjadi pribadi yang memiliki kesadaran penuh:

  • Tarik nafas dalam-dalam. Saat dalam kondisi stress atau dalam tekanan, pejamkan mata lalu tarik melalui hidung tahan selama 4 detik, lalu buang perlahan selama 5 detik melalui mulut. Ulangi kalo sedang ingin membuat rileks pikiran.
  • Nikmati perjalanan. Saat Anda melakukan perjalanan, perhatikan nafas dan sekitar Anda. Ketika pikiran yang membuat resah mulai masuk ke pikiran, ingatlah dan kemudian nikmati perjalanan Anda.
  • Makan dengan sepenuh hati. Nikmati tekstur, dan rasa dalam setiap gigitan. Dengarkan tubuh Anda saat Anda lapar maupun kenyang.
  • Temukan sumber-sumber kesadaran diri dari komunitas. Termasuk yoga, meditasi, dan buku-buku seputar kesadaran diri.

Best Mindfullness App

calm
headspace
smiling mind
ten percent happier