Skip links

Kita melakukannya setiap malam seumur hidup kita. Tapi sebenarnya untuk apa? Kita perlu memahami pentingnya tidur yang sehat karena berpengaruh besar pada kesehatan dan kesejahteraan kita.

Seluruh tubuh merasakan manfaatkan tidur. Misalnya, ginjal memperlambat produksi urin dan pencernaan melambat di usus. Tetapi fungsi paling penting adalah bagaimana tidur benar-benar mengatur ulang otak untuk siap dipakai keesokan harinya.

Otak kita bekerja dengan listrik, yang berarti energi kimia yang digunakan otak berfungsi memiliki produk limbah (disebut metabolit) yang perlu dibersihkan. Itulah yang terjadi saat tidur, otak mengeluarkan produk-produk limbah di otak dan mengisi kembali energi yang digunakan otak sepanjang hari.

Itu berarti tidak cukup tidur atau kualitas tidur yang kurang baik akan merusak banyak sistem tubuh dan dari waktu ke waktu yang dapat berkontribusi pada risiko penyakit kronis dan masalah kesehatan, tetapi konsekuensi paling cepat dari tidur yang tidak sehat adalah mempengaruhi pikiran dan perasaan kita secara instan.

Seiring waktu, mengurangi waktu tidur yang dibutuhkan tubuh sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk, makan berlebihan secara kronis, atau tidak berolahraga dan konsekuensinya jauh lebih serius daripada sekedar rasa kantuk keesokan harinya.

Buat Tidur Berkualitas

Kita sering mengorbankan waktu tidur agar semua target dan jadwal kegiatan kita berjalan sesuai rencana namun sebenarnya saat lelah tubuh kita tidak dapat berfungsi sebaik mungkin,  kurang tidur mempengaruhi kesehatan mental dan fisik yang sangat penting. Tidur membantu kita berpikir lebih jernih, refleks lebih cepat, dan fokus lebih baik. Ambil langkah-langkah untuk memastikan mulai malam ini kita tidur nyenyak secara teratur.

5 tips untuk menciptakan lingkungan yang tenang untuk tidur nyenyak

Kamar tidur Anda harus terasa seperti oasis tidur – bebas stres dan gangguan. 

  1. Ruang ideal untuk tidur itu sejuk dan gelap. Sebagian besar ahli sepakat bahwa suhu ideal untuk tidur itu adalah antara 18 dan 21 derajat Celcius. Menurut jajak pendapat National Sleep Foundation, 73% orang mengatakan semakin gelap ruangan semakin baik. 65% orang menggunakan tirai, tirai, atau tirai untuk menghalangi cahaya yang tidak diinginkan. 
  2. Damai dan tenang membuat kebahagiaan kamar tidur. 74% persen orang berpikir bahwa kesunyian sangat penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Banyak juga orang mengandalkan “white noise” atau semacam suara ambient untuk menutupi suara yang mengganggu seperti klakson mobil atau lalu lintas jalan raya. 
  3. Pilih posisi tidur yang terbaik untuk Anda. Kasur dan bantal yang nyaman sangat penting untuk tidur yang nyenyak, tetapi apakah empuk atau keras terserah Anda. Jika Anda tidur samping (seperti kebanyakan orang), bantal Anda harus menopang kepala, leher, dan telinga serta bahu Anda dengan nyaman. Orang yang tidur telentang harus mempertimbangkan bantal yang lebih tipis untuk membatasi tekanan pada leher. 
  4. Rapikan kamar tidur Anda. Jika tempat tidur Anda bikin mengantuk tetapi kamar Anda berantakan, Anda bisa berisiko lebih tinggi mengalami masalah tidur. Sebuah studi yang dipresentasikan pada konferensi SLEEP Juni 2015 di Seattle menunjukkan bahwa mereka yang dikelilingi oleh kekacauan lebih cenderung memiliki gangguan tidur. Apa yang dilihat mata Anda saat memasuki ruangan dapat memengaruhi apakah Anda akan mudah tertidur atau tidak. 
  5. Pilih bantal yang tepat untuk Anda. Isi bantal penting untuk dipertimbangkan jika Anda menderita alergi. Isi bervariasi dari pilihan alami seperti bulu hingga sintetis seperti rayon, busa, atau lateks. Cari bantal yang hipoalergenik untuk mengurangi kemungkinan sesak nafas di malam hari yang bisa membuat Anda tetap terjaga.

Panduan Posisi Tidur Untuk Mimpi Terbaik

Gaya menyamping, Tengkurap atau terlentangl. Apapun istilahnya, tidur nyenyak di adalah hal yang berharga.

Posisi tidur Anda memiliki efek mendalam pada kualitas tidur dan impian Anda. Ada satu survey tidur terhadap mahasiswa yang menemukan hubungan antara isi mimpi dan posisi tidur. Inilah hasilnya:

  • Tidur menyamping ke kiri – Kurang refluks asam, tetapi lebih banyak mimpi buruk daripada sisi kanan
  • Tidur menyamping ke kanan – Refluks asam dapat menyebabkan mimpi tentang menelan atau membakar
  • Terlentang – Lebih banyak mimpi buruk dan kesulitan mengingat mimpi

Playlist untuk tidur nyenyak

best sleep playlist
sleep state
lullaby
sleep tight