Skip links

Mendorong gerakan harian melalui latihan sederhana di mana saja dan kapan saja, menjalani gaya hidup yang lebih aktif.

Menjaga kebugaran fisik berarti juga meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan membuat Anda lebih pintar dan lebih kreatif. Singkatnya, berkeringat pada dasarnya adalah obat ajaib untuk kesehatan mental dan fisik.

Tapi Anda mungkin sudah tahu itu.

Yang membingungkan adalah banyak orang yang tahu manfaatnya, tetap saja sangat susah untuk rajin berolahraga. 

Menurut hasil penelitian ahli biologi evolusi Harvard, Daniel Lieberman, ternyata manusia sebenarnya terprogram oleh evolusi untuk cenderung malas.Di dunia ketika makanan sulit didapat, nenek moyang kita berevolusi untuk beristirahat sebanyak mungkin untuk menghemat energi. Energinya dipakai hanya saat berburu makanan, atau saat menyelamatkan diri dari kejaran binatang buas.

Dorongan untuk menghemat energi sangat masuk akal selama jutaan tahun dalam sejarah manusia. Tetapi di dunia modern, di mana kita bisa mencari makan tanpa turun dari sofa, kondisi ini adalah bencana kesehatan. Tubuh menjadi berbahaya kalau kita kelebihan energi tanpa ada aktifitas fisik untuk mengeluarkannya. 

Ancaman itu sudah ada di dalam tubuh kita. Penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan penyakit-penyakit lainnya akan makin berbahayakalau kita menerapkan gaya hidup aktif

Kunci untuk tetap berpegang pada rutinitas olahraga adalah menemukan aktivitas yang Anda sukai. Ada ratusan kelas dan metodologi latihan yang berbeda yang dapat dipilih dan menginspirasi.

Selain olahraga pun, ada banyak gerakan aktif yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bekerja dengan baik. Bahkan bisa dilakukan disela-sela kesibukan kerja atau aktifitas di rumah. Gerakan-gerakan latihan sederhana bisa dilakukan dimanapun, bahkan di atas tempat tidur atau di sofa. Kebiasaan melakukan aktifitas fisik yang positif dapat membantu mengurangi stres, menurunkan risiko penyakit, dan meningkatkan energi kita.

Bergerak Aktif

Seberapa sehat fungsi tubuh, berpengaruh pada kemampuan kita untuk menyelesaikan aktivitas harianSetiap kali kita lebih aktif bergerak, artinya menaikkan peluang kita untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Beberapa ide untuk lebih aktif:

  • Gunakan tangga daripada elevator
  • Parkir mobil lebih jauh dari pintu masuk
  • Kosongkan ruang di depan TV. Jadikan space untuk beraktifitas fisik sambil menonton. 
  • Lakukan sendiri pekerjaan rumah. Merapikan ruangan, bersih-bersih atau mencuci piring.
  • Pillih jalan kaki kalau jaraknya dekat.
  • Set alarm sejam sekali untuk berhenti melakukan apapun, lalu lakukan gerakan aktif 1-2 menit.
  • Latihan beban bisa dilakukan dengan barang apa saja yang tersedia. Dumbel bisa diganti dengan botol berisi air, sampai tumpukan buku atau dokumen.

Jaga Kondisi Tubuhmu

Tulang, otot, dan persendian semuanya bekerja sama untuk menjadikan tubuh kita mesin gerak yang luar biasa. Seperti mesin apapun, tubuh kita juga dapat mengalami kerusakan dan keausan. Perlu perawatan dan pemeliharaan rutin untuk bisa terus bergerak dengan mudah.

Untuk menjaga tubuh lebih sehat:

  • Ukur berat badan secara berkala, usahakan mencapai berat badan ideal. Berat badan yang berlebih bisa membuat lutut dan pinggul sakit.
  • Tetap aktif. Lakukan aktifitas olahraga minimal 30 menit sehari. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan diantaranya aktifitas seperti jalan cepat, lompat tali, atau main holahoop.
  • Mulai biasakan gerakkan badanmu. Ngedance kenapa nggak? Tutup tirainya, nyalahan musiknya, lemesin sendinya, lalu bebaskan gerakannya. Atau mau sekalian di posting di Tiktok?
  • Ajak anak-anak main tendang dan tangkap. Main sekaligus berolahraga memang menyenangkan. Pakai bantal kecil, boneka dan benda-benda empuk lainnya untuk tendang, lempar dan tangkap.
  • Pakailah sepatu yang nyaman dan pas.
  • Cobalah untuk menghindari mengangkat benda berat. Jika Anda perlu mengangkat sesuatu yang berat, tekuk lutut dan jaga agar punggung tetap lurus.

Our Choice Personal Trainer on Youtube

skwad
sherly