Skip links

Nutrisi yang baik adalah salah satu kunci menuju kehidupan yang sehat. Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan menjaga pola makan seimbang. Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, dan sumber protein.

Saat ini, Anda tidak perlu menjadi dokter atau ahli gizi untuk tahu makanan apa yang sehat untuk dimakan. Dari buku, situs bahkan Instagram dapat memberi referensi makanan apa yang mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh dan mana yang sebaiknya dihindari agar tetap sehat.

Tapi banyak orang yang gagal mengubah pola makan mereka karena sudah nyaman terbiasa makan atau minum menu yang sama selama bertahun-tahun dan ada juga yang ketakutan untuk mencoba makanan-makanan baru.

Apakah benar sesulit itu?

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat makan sehat menjadi mudah.

Pahami bahan makan

Kita membuat puluhan keputusan setiap hari. Dalam membangun pola makan yang sehat, ternyata berfokus pada memilih bahan makanan yang baik untuk dikosumsi akan jauh lebih mudah daripada memilih jenis masakannya. Cari tahu bahan apa yang harus ditambahkan ataupun yang harus dihindari sesuai dengan kandungan nutrisinya dan kebutuhan tubuh.

Untuk makan makanan yang lebih sehat:

  • Ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Gunakan minyak zaitun, kanola, atau minyak nabati lainnya sebagai pengganti mentega dan lemak dari daging hewan.
  • Kurangi natrium. Gunakan daging segar, ikan, dan daging tanpa lemak. Kurangi makanan kalengan yang sudah diawetkan dan diproses. Pilih sayuran segar atau beku yang tidak mengandung garam. Cuci ulang makanan kalengan sebelum dimasak.
  • Makan karbohidrat yang lebih kompleks, seperti pati dan serat. Ini ditemukan dalam roti gandum, sereal, kacang-kacangan dan sayuran mengandung tepung seperti kentang, jagung, kacang polong
  • Kurangi konsumsi gula. Pilih makanan dengan sedikit atau tanpa tambahan gula. Periksa label Nutrition Fact untuk memilih makanan kemasan dengan total gula yang lebih sedikit.
  • Dapatkan lebih banyak serat. Tambahkan berbagai jenis sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian ke dalam makanan Anda.
  • Banyak minum air putih.

Ubah Kebiasaan

Sebagian besar dari kita adalah makhluk pencipta kebiasaan bahkan dalam hal pola makan. Agar mudah dijalankan jangan mengubahnya terlalu drastis karena itu akan membuat pengalaman makan jadi kurang menyenangkan. 

Akhiri kebiasaan makan yang tidak sehat dengan langkah sederhana berikut:

  • Identifikasi kebiasaan yang ingin diperbaiki, mengapa kebiasaan ini ada, dan cari tahu cara yang efektif untuk mengubah kebiasaan buruk itu.
  • Posisikan makanan favorit yang tidak sehat itu menjadi special food yang hanya boleh dimakan saat momen spesial.
  • Buat rencana yang spesifik. Contoh: Ganti snack di kantor dengan sepotong buah untuk setiap hari kerja dan mulai belanja persediaan sereal dan buah untuk sarapan cepat.
  • Taklukkan tantangan baru setiap minggu. Misalnya, makan lebih banyak sayuran, lakukan dengan mencoba satu sayuran baru sampai ketemu sayuran yang benar-benar disukai. 
  • Bersikap realistis. Jangan berharap terlalu banyak dan terlalu cepat. Dibutuhkan sekitar satu bulan untuk tindakan baru berubah menjadi kebiasaan ataupun rutinitas. 

Check Out These Healthy Food Celebgrams

yuda
edwin